Perbedaan Aki Kering dan Basah yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Aki Kering dan Basah yang Harus Anda Ketahui

Aki adalah termasuk bagian yang penting dalam kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik. Pada dasarnya Aki dibedakan menjadi dua jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Perbedaan mendasar tersebut bisa dilihat dari elektroda yang terdapat didalamnya. Elektroda aki kering berupa Gel sedangkan untuk aki basah berupa cairan atau air elektroda.Perbedaan aki kering dan basah yang lainnya dapat Anda ketahui melalui artikel dibawah ini.

1. Perawatan Aki

Beda Jenis maka beda pula perawatan. Untuk  aki kering perawatan yang dibutuhkan hanya untuk terminal saja, cukup dengan melihat kondisi terminal apakah mengalami pengkaratan atau tidak pastikan juga tidak ada jamur yang menempel pada terminal. Untuk masalah penguapan cairan, elektroda pada aki kering memang masih bisa menguap tapi sirkulasinya rapat sehingga sangat minim penguapannya. Sedangkan Aki basah perawatannya lebih rumit yang membuat penggunanya harus mengecek secara rutin cairan didalamnya karena penguapannya yang lebih cepat.

2. Resistansi Terhadap Panas

Perbedaan aki kering dan basah dilihat dari resistansinya terhadap hawa panas. Aki kering yang menggunakan bahan Kalsium lebih tahan terhadap panas sehingga membuatnya dapat tetap bekerja dalam kondisi mesin dan cuaca yang panas. Sedangkan untuk Aki basah yang berbahan dasar Antimon tidak mampu menahan panas yang berlebihan hal ini sering mengakibatkan terjadinya peluapan pada air aki.

3. Keawetan

Aki basah biasanya kondisi air aki bisa diukur dari batas upper level dan lower level pada parameter. Sedangkan pada aki kering parameter sekaligus lubang yang digunakan untuk pengisian ulang tidaklah dibutuhkan. Pada dasarnya aki kering memang di desain untuk sekali pakai. Sedangkan aki basah lebih awet karena cairan elektroda di dalamnya dapat diganti ataupun diisi ulang. Berbeda dengan aki kering yang memang lebih mengutamakan perawatan yang sederhana.

4. Harga

Perbedaan aki kering dan basah jika dilihat dari mudahnya perawatan dan ketahanan terhadap panas, aki kering memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada aki basah. Sedangkan aki basah lebih terjangkau namun dibutuhkan perawatan yang teliti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *