Akibat Telat Ganti Oli Kendaraan Terlalu Lama

Akibat Telat Ganti Oli Kendaraan Terlalu Lama

Fungsi pada oli kendaraan untuk menjaga performa mesin dengan melumasi bagian-bagian yang saling bergesekan, agar terhindar terhindar dari panas yang berlebihan dan menjaga bagian mesin tetap awet. Namun oli mesin memiliki periode masa pakai, waktu penggantian oli biasanya ditentukan berdasarkan berapa lama mesin bekerja atau pada batas jarak tertentu. Berikut ini adalah Akibat telat ganti oli kendaraan yang sering terjadi.

1. Kinerja Mesin Menurun

Oli yang tidak pernah diganti tidak dapat lagi mengatasi suhu panas pada mesin. Karena oli yang sudah jenuh tidak dapat melumasi gesekan antar logam sehingga menghasilkan panas yang berlebihan. Hal ini tentunya dapat menurunkan kinerja mesin selain itu juga berpotensi merusak bagian-bagian dalam mesin.

2. Berkendara Jadi Tidak Nyaman

Telat mengganti oli juga berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Contohnya seperti getaran yang terasa di bagian mesin. Kejadian ini dikarenakan gesekan yang terjadi akibat mesin yang bekerja semakin keras karena tidak dibantu dengan adanya pelumasan. Selain itu juga tarikan mesin menjadi lebih berat.

3. Boros Bahan Bakar

Akibat telat ganti oli kendaraan selanjutnya yakni berimbas pada kemampuannya untuk memberikan lubrikasi yang semakin berkurang. Dengan sistem pelumasan yang buruk otomatis kinerja mesin menjadi berat, sehingga menyedot bahan bakar lebih dari biasanya.

4. Menimbulkan Kerusakan

Jika oli jenuh digunakan dalam jangka panjang akan berakibat pada pengikisan bagian logam di dalam blok mesin. Hal ini terjadi karena gesekan antar komponen yang secara terus-menerus ditambah panas dari pembakaran. Sehingga secara tidak langsung mesin akan menjadi kotor, terjadi endapan debu hingga berkarat akibat pengikisan tersebut. Ketika sudah lama tidak diganti, oli yang sudah terlalu kental dan kotor akan menyebabkan komponen bagian dalam mesin mengalami kerusakan.

5. Mengeluarkan Asap Hitam Pada Kenalpot

Akibat telat ganti oli kendaraan yang terakhir yakni mempengaruhi ruang pembakaran dan mengakibatkan asap hitam pada kenalpot. Selain terlihat buruk asap hitam tersebut mengandung polusi yang berbahaya bagi lingkungan dan orang sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *